Selasa, 05 Januari 2010

Sekilas Sejarah Radio Elshinta

PT. Radio Elshinta resmi berdiri pada tahun 1968. Pendirinya adalah Mas Yos atau Oom Yos (Suyoso Karsono) yang kala itu seorang perwira di angkatan udara (AURI). Sedangkan nama "Elshinta" diambil dari nama putrinya Mas Yos.

Pertama kali mengudara pada gelombang 1368 KHz dengan menyiarkan lagu-lagu oldies dan lagu-lagu Hawaiian yang sangat populer kala itu bersama pembawanya Pak Hoegeng (Hoegeng Iman Santoso), pemain ukulele dan pendiri grup Hawaiian Seniors, selain pernah sebagai Kapolri pada periode 1968-1971.



Pada tahun 80an hingga pertengahan 90an, Radio Elshinta memutar lagu-lagu Top 40 dan sempat menyusun acara peringkat lagu-lagu hit saat itu. Nama acaranya "Elshinta 13". Masih ingat kan? Mungkin ada diantara Anda yang menyimpan kaset kompilasi lagu-lagu hitnya yang beraliran Adult Contemporary atau Jazzy Tunes.

Pada pertengahan 90an, kiblat musik Radio Elshinta beralih ke musik Jazz, baik vocal maupun instrumental. Saat itu, Elshinta mengudara di gelombang barunya, yaitu 90.05 FM. Studionya saat itu adalah di Jl. Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Sebelumnya, pernah juga berkantor di Gedung Arthaloka, Jl. Sudirman dan sempat pula pindah ke Setiabudi Building di Jl. HR Rasuna Said.

Pada tahun 1997, Radio Elshinta pindah domisili ke Joglo Raya, Jakarta Barat. Saat itu masih memutar lagu-lagu aliran Jazzy atau Cool Music yang relatif lagu-lagu baru, tapi sudah mulai menyelipkan satu dua berita yang dibaca dari koran dan internet. Untuk menambah wawsan pemberitaan, pada tahun 1998 itu dijalin kerjasama dengan BBC London, VOA dan RNW Hilversum. Kini yang masih bertahan hanya BBC saja.

Kejadian krisis ekonomi (krismon) tahun 1997, membuat Radio Elshinta mengajak pendengar (yang belum terlalu banyak jumlahnya) untuk membantu masyarakat yang tidak mempu dengan paket-paket sembako. Itu adalah cikal-bakal program "Elshinta Peduli Kemanusiaan" yang hingga saat ini terus berlangsung.

Krismon berbuah menjadi gejolak sosial. Terjadilah kerusuhan massa pada tahun 1998. Saat itu, secara refleks semua crew yang jumlahnya belasan, bergerak mengumpulkan informasi dengan mengundang partisipasi pendengar agar memberikan info apa saja terkait kerusuhan, penjarahan, bakar-bakaran yang meluas keberbagai daerah di Indonesia. Nah, momen itulah yang menjadikan awal-muawal mata acara "Info Dari Anda", yang hingga hari ini menjadi bagian terpenting dalam sejarah program jurnalisme warga atau citizen journalism di radio, setelah kejatuhan Orde Baru ditahun 1998.

Baru kemudian pada tanggal 14 Februari 2000, Elshinta memproklamirkan diri menjadi "Radio Berita dan Informasi 24 Jam Nonstop" melalui sebuah acara launching di Hotel Le Meredien, Jakarta. Ya, artinya, mulai hari itu, siaran radio elshinta hanya melulu berisi berita dan informasi tanpa memutar lagu sama sekali. Banyak kalangan yang pesimis, tetapi semangat crew Elshinta saat itu tak dapat dibendung! Darah muda, kreatifitas, rasa ingin tahu dan keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru, menjadi modal utama dalam mewujudkan format radio berita yang sangat menantang.

Sejak saat itu, setiap 14 Februari, Radio Elshinta memperingati dua momen sekaligus, yaitu Hari Jadi Radio Elshinta (1968) dan Peringatan mengudaranya format dan acara baru "Elshinta News and Talk", yang merupakan satu-satunya nama acara di Radio Elshinta sepanjang hari, sejak tahun 2000. Didalam program tersebut terdapat beberapa mata acara, seperti "Info Dari Anda", "Komentar-Opini dan Solusi (Komisi) Anda" dan siaran berita mancanegara dari BBC London, mPro, dll.

Radio Elshinta berubah gelombang, dari 90.05 FM menjadi 90 FM di Jabodetabek sejak 1 Agustus 2004, akibat dari penataan ulang frekuensi sesuai master plan yang berlaku di seluruh Indonesia. Selain di Jakarta, Radio Elshinta juga dapat didengar dibeberapa kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk mendengarkan melalui live streaming, klik saja www.elshinta.com

17 komentar:

Anonim mengatakan...

ELSHINTA Semangat terus semakin berjaya diudara, semakin dicari para pendengarnya.
Inilah berita-berita yang dinanti-nanti pendengarnya berbagai elemen masyarakat dari tukang sapu smpai Presiden. Radio Elshinta 90.0 FM Is' the Best. Best Regard S. Riwoyo PPMGJ.

Elshinta Radio Network. mengatakan...

Terima kasih atas komentar dari rekan-rekan di Paguyuban Putra Magelang. Salam dari Studio di Jakarta.

th3sea mengatakan...

ohh gini ya sejarahnya ^^
happy b'day ya elshinta...

Percetakan mengatakan...

top aja dech...

mijo mengatakan...

siP.

mizo mengatakan...

radio,berkualitas,semoga jaya trus

lang mengatakan...

cerita dan sejarah yang menarik, semoga bisa mencerdaskan bangsa

edi silungkang mengatakan...

Elshinta top deh

edi silungkang mengatakan...

Dan makin terdepan dalam berita

Anonim mengatakan...

Semoga Elshinta makin eksis dan mengantisipasi penggunaan cara-cara baru untuk mencapai pemirsanya. Sukses terus Elshinta!

Unknown mengatakan...

terimakasih atas infonya tapi kurang visi dan misinya

Unknown mengatakan...

minta visi dan misinya donk buat tugas kuliah ni om??

Unknown mengatakan...

Lanjutkan untuk yang terdepan..

BJ mengatakan...

Bravo El Shinta

Indri mengatakan...

Bravo El shinta

Unknown mengatakan...

Minta dong nama2 dan foto2 penyiar elshinta deretan tahun 1980.. berkesan sekali penyiar2nya saat itu dengan lagu pop jazz, all I'm dll....

Anonim mengatakan...

Benar.. boleh dapatkan foto dan nama2 penyiar radio El-Shinta tahun 80an...? Pilihan Lagu2 Pop jazz yg bagus sekali saat itu